CATAT! Tips Agar Kamu Tidak Tersesat Saat Ibadah Umroh

umroh tips umroh
tips agar tidak tersesat saat melaksanakan umroh

Jumlah jemaah Indonesia berada di peringkat pertama dunia dalam melaksanakan umroh. Menurut data tahun 2023, jamaah umroh Indonesia mencapai angka 13,55 juta.

Pelaksanaan ibadah umroh tidak terbatas pada bulan tertentu. Umroh bisa dilakukan kapan saja, namun makruh dilakukan pada hari arafah, Idul Adha, dan tiga hari Tasyriq. Umroh juga tidak melakukan wukuf, mabit, serta melontar jumrah seperti halnya haji.

Read More

Penting untuk diperhatikan oleh jamaah Indonesia agar tidak tersesat saat melaksanakan rangkaian ibadah umroh. Berikut tips-tipsnya yang mungkin perlu anda catat!.

Pertama, ketahui atau catat nama dan alamat hotel tempat anda menginap
Langkah pertama ini memang terlihat sederhana, namun perlu anda catat nama, alamat hotel dan nomor kamar. Hal ini penting dilakukan agar lebih mudah menemukan petunjuk saat anda tersesat.

Kedua, jangan lupa identitas atau kartu nama selalu dibawa
Langkah ini sangat penting diingat oleh jamaah. Identitas yang melekat (dibawa) agar lebih mudah jika identitas itu diperlukan.

Ketiga, Ingat patokan dan selalu bepergian bersama rombongan
Ingat patokan atau penanda bangunan lainnya, misalnya memperhatikan pintu masuk atau zam-zam tower agar mempermudah ketika bepergian. Selain itu, sangat dianjurkan bagi jamaah agar bepergian bersama rombongan supaya lebih mudah terpantau dan aman.

Keempat, jangan lupa berpamitan kepada ketua rombongan dan membawa alat komunikasi
Alat komunikasi seperti handphone atau lainnya sangat membantu jika terdapat hal-hal yang tidak diinginkan saat bepergian. Dengan alat komunikasi anda akan saling berkomunikasi dengan ketua rombongan saat bepergian. Apabila jamaah ingin pergi sendirian, maka dianjurkan agar pamitan terlebih dahulu kepada ketua rombongan agar keberadaanya terpantau.

Yang Terakhir, jangan lupa berdoa
Sebagai muslim, dianjurkan untuk senantiasa berdoa agar diberikan kesehatan dan selamat selama berada di mekkah.

Inilah tips agar kamu tidak tersesat saat menjalankan ibadah umroh dikutip dari berbagai sumber.

Related posts