7 Amalan 1 Muharram dan Keutamaannya

Umat muslim dianjurkan banyak melakukan amalan ibadah jelang Tahun Baru Islam atau 1 Muharram 1445. Apa saja amalan 1 Muharram yang dianjurkan?.

Bulan Muharram merupakan satu dari 4 bulan mulia yang amalan pahalanya akan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Sebaliknya, jika melakukan maksiat dan kejahatan dosanya juga dilipatgandakan.

Read More

Amalan-amalan 1 Muharram yang diajurkan untuk muslim diantarnya, membaca doa akhir tahun dan awal tahun, puasa muharram, membaca doa sayyidul istighfar, sholat malam, membaca Ayat Kursi, dan muhasabah diri.

Amalan 1 Muharram yang Dianjurkan 1. Membaca Doa Akhir Tahun Hijriah Amalan 1 Muharram sesuai sunnah pertama yakni membaca doa akhir tahun hijriah. Doa ini dibaca sebanyak 3X selepas Ashar untuk memohon kepada Allah SWT agar mendapat ampunan dan diterima taubatnya oleh Allah.

Amalan 1 Muharram yang Dianjurkan

Membaca Doa Akhir Tahun Hijriah

Amalan 1 Muharram sesuai sunnah pertama yakni membaca doa akhir tahun hijriah. Doa ini dibaca sebanyak 3X selepas Ashar untuk memohon kepada Allah SWT agar mendapat ampunan dan diterima taubatnya oleh Allah.

اللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ فِيْ هَذِهِ السَّنَةِ مِمَّا نَهَيْتَنِيْ عَنْهُ فَلَمْ أَتُبْ مِنْهُ وَلَمْ تَرْضَهُ وَلَمْ تَنْسَهُ وَحَلُمْتَ عَلَيَّ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِيْ وَدَعَوْتَنِيْ إِلَى التَّوْبَةِ مِنْهُ بَعْدَ جُرْأَتِيْ عَلَى مَعْصِيَّتِكَ ، فَإِنِّيْ أَسْتَغْفِرُكَ فَاغْفِرْ لِيْ . وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَاهُ وَوَعَدْتَنِيْ عَلَيْهِ الثَّوَابَ ، فَأَسْئَلُكَ اللَّهُمَّ يَا كَرِيْمُ يَا ذَا الْجَلاَلِ وَاْلإِكْرَامِ أَنْ تَتَقَبَّلَهُ مِنِّيْ وَلاَ تَقْطَعْ رَجَائِيْ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ. وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Artinya: Ya Allah,segala yang telah ku kerjakan selama tahun ini dari apa yang menjadi larangan-Mu,sedang kami belum bertaubat,padahal Engkau tidak melupakannya dan Engkau bersabar (dengan kasih sayang-Mu), yang sesungguhnya Engkau berkuasa memberikan siksa untuk saya,dan Engkau telah mengajak saya untuk bertaubat sesudah melakukan maksiat.Karena itu ya Allah, saya mohon ampunan-Mu dan berilah ampunan kepada saya dengan kemurahan-Mu. Segala apa yang telah saya kerjakan, selama tahun ini, berupa amal perbuatan yang Engkau ridhai dan Engkau janjikan akan membalasnya dengan pahala, saya mohon kepada-Mu, wahai Dzat Yang Maha Pemurah, wahai Dzat Yang Mempunyai Kebesaran dan Kemuliaan,semoga berkenan menerima amal kami dan semoga Engkau tidak memutuskan harapan kami kepada-Mu, wahai Dzat Yang Maha Pemurah. Dan semoga Allah memberikan rahmat dan kesejahteraan atas penghulu kami Muhammad,keluarga dan sahabatnya.

Doa Awal Tahun Hijriah

Amalan 1 Muharram sesuai sunnah berikutnya membaca doa awal tahun hijriah. Doa ini dibaca selepas maghrib sebanyak 3X untuk memohon kepada Allah SWT agar pada tahun mendatang selamat dari godaan setan.

وَصَلَّى الله ُعَلَى سَيِّدِنَا وَمَوْلاَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ ، اللَّهُمَّ أَنْتَ اْلأَبَدِيُّ الْقَدِيْمُ اْلأَوَّلُ، وَعَلَى فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ وَجُوْدِكَ الْمُعَوَّلِ، وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ نَسْئَلُكَ الْعِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَآئِهِ وَجُنُوْدِهِ، وَالْعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ اْلأَمَّـارَةُ بِالسُّوْءِ وَاْلإِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى، يَا ذَا الْجَلاَلِ وَ اْلإِكْرَامِ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ. وَصَلَّى الله ُعَلَى سَيِّدِنَا وَمَوْلاَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِه وصحبه اجمعين

Artinya: Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, beserta keluarga dan sahabatnya. Ya Allah Engkaulah Yang Abadi, Dahulu, lagi Awal. Dan hanya kepada anugerah-Mu yang Agung dan Kedermawanan-Mu tempat bergantung. Dan ini tahun baru benar-benar telah datang. Kami memohon kepada-Mu perlindungan dalam tahun ini dari (godaan) setan, kekasih-kekasihnya dan bala tentaranya.

Dan kami memohon pertolongan untuk mengalahkan hawa nafsu amarah yang mengajak pada kejahatan,agar kami sibuk melakukan amal yang dapat mendekatkan diri kami kepada-Mu wahai Dzat yang memiliki Keagungan dan Kemuliaan. Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW,beserta para keluarganya dan sahabatnya.

Puasa Sunnah Muharram

Amalan 1 Muharram sesuai sunnah selanjutnya yakni menjalankan Puasa Muharram. Puasa sunnah di Bulan Muharram juga menurut para ulama Syafi’iyah sangat mustahab.

Berikut ini bacaan Niat Puasa Muharram:

نَوَيْتُ صَوْمَ مُحَرَّمٍ سُنَّةً لِلهِ تَعَالى

Artinya: Aku niat berpuasa di bulan Muharram sunnah karena Allah Ta’ala.

Keutamaan Puasa Muharram disebutkan dalam hadits adalah sebaik-baiknya puasa setelah puasa Ramadhan.

أفضل الصيام بعد رمضان شهر الله المحرم

Artinya: Sebaik-baik puasa setelah Ramadlan adalah puasa di bulan Allah, bulan Muharram.” (HR. Muslim).

Membaca Doa Sayyidul Istighfar

Amalan 1 Muharram sesuai sunnah berikutnya membaca doa sayyidul istighfar.

اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي، لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ، خَلَقْتِنِي وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلِيَّ، وَأَبُوءُ بِذَنْبِي، فَاغْفِرْ لِي فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ

Artinya: Ya Allah, Engkau adalah Tuhanku. Tiada tuhan selain Engkau. Engkau-lah yang telah menciptakanku dan aku adalah hamba-Mu. Aku tetap pada ikatan-Mu dan perjanjian-Mu semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang aku perbuat. Aku mengakui dosaku kepada-Mu, aku mengakui nikmat-Mu kepadaku. Maka ampunilah aku, sungguh tidak ada yang dapat mengampuni dosa kecuali Engkau”.

Mengerjakan Sholat Sunnah Qiyamullail

Amalan 1 Muharram sesuai sunnah selanjutnya mengerjakan qiyamullail dengan sholat tahajud, sholat hajat ataupun sholat taubat.

Membaca Ayat Kursi

Amalan 1 Muharram sesuai sunnah selanjutnya sebagaimana dilansir dari laman Pustaka Ilmu Sunni Salafiyah-KTB yakni membaca Ayat Kursi selepas sholat subuh pada 1 Muharram.

Muhasabah

Amalan 1 Muharram yang dianjurkan selanjutnya yakni muhasabah diri atau kontemplasi atas perbuatan yang telah dilakukan selama satu tahun terakhir.

Muslim harus bertekad untuk lebih baik lagi atau hijrah di Tahun Baru Islam. Demikian ulasan Amalan 1 Muharram yang dianjurkan untuk diamalkan menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H.

Related posts