Tempat-tempat Wisata di Uzbekistan Saksi Kejayaan Islam Masa Lampau

Uzbekistan adalah sebuah negara berdaulat terletak di Asia Tengah dan sebelumnya bagian dari Uni Soviet. Siapa sangka di negara ini terdapat sejuta sejarah peradaban Islam di masa lampau yang dapat anda kunjungi.

7 Tempat Wisata di Uzbekistan Wajib Jadi Pilihan

Tempat-tempat wisata di Uzbekistan bisa dijadikan alternatif pilihan bagi anda yang ingin berwisata dan ingin mengenal sejarah. Di Uzbekistan banyak sekali budaya, sastra serta bangunan-bangunan megah peradaban Islam di Abad pertengahan.

Tempat wisata di negara ini jadi pilihan tepat bagi yang ingin merasa atmosfir Islam yang kental. Jika anda penasaran ingin berwisata ke Uzbekistan, berikut ini adalah rekomendasi tempat wisata di Uzbekistan.

1. Bukhara

Bukhara diberi julukan sebagai kota tertua yang ada di Uzbekistan. Kota ini menyimpan banyak warisan sejarah dunia. Di masa kejayaannya, kota ini menjadi salah satu pusat perekonomian negara bekas jajahan Uni Soviet. Disini juga jadi tempat belajar, pusat kebudayaan, dan ilmu agama.

Keindahan kota ini terletak pada bangunan-bangunannya yang megah, unik dan menawan. Bahkan keunikan bangunan-bangunan tua inilah yang menjadi ciri khas tersendiri. Keindahan alamnya juga tak kalah menawan. Dan di kota kecil ini juga tempat kelahiran ahli Hadits ternama, Imam Bukhari.

2. Tashkent

Tempat selanjutnya yang wajib dikunjungi adalah Tazhkent. Kota ini memiliki pemandangan sangat indah dan tak heran jika kota yang satu ini juga layak masuk kedalam list yang wajib anda kunjungi.

Di Tashkent, anda akan menemukan banyak landmark serta berbagai spot wisata menarik. Kota ini dulu dikenal sebagai kota pemberhentian perdagangan sutra, sehingga tidak heran jika kota ini mejadi destinasi terbaik.

3. Khiva

Tempat ini jadi salah satu kota di Uzbekistan yang kental dengan bangunan kunonya yang bersih dan rapih. Dengan bangunan tua inilah Khiva jadi terlihat menarik, unik dan megah.

Bangunan tua di Khiva jadi daya tarik wisatawan lokal dan mancanegara. Jika anda berkunjung ke tempat ini, tidak hanya disuguhi dengan bangunan-bangunan kuno saja. Namun anda juga bisa berbelanja cinderamata dan pernak-pernik sebagai oleh-oleh khas.

4. Samarkand

Samarkand disebut sebagai kota tua terbesar di Uzbekistan. Kota ini memiliki banyak sejarah, dan dulunya dikatakan jadi jalur yang selalu dilewati untuk perdagangan sutra di Eropa.

Jika anda berkunjung ke tempat ini, akan disuguhi peninggalan-peninggalan sejarah yang hingga saat ini masih terawat dengan baik sehingga bangunan-bangunan tetap kokoh dan pemandangan kotanya nampak indah.

5. Makam Imam AL Bukhari

Rasanya tak lengkap jika berkunjung ke Uzbekistan tidak berkunjung ke makam Imam Al Bukhari.

Bangunan makam Imam Al Bukhari didesain dengan sangat unik dan megah. Bangunan didominasi dengan dinding marmer dan tentu saja identik dengan bangunan khas Uzbekistan. Bahkan kompleks makam ini juga terdapat beberapa bangunan lain seperti kantor administrasi dan juga masjid yang bisa menampung jamaah hingga 1500 orang.

6. Registan Square

Uzbekistan dikenal memiliki madrasah dan salah satunya berada di Registan Square. Tempat ini merupakan kopleks atau area pendidikan yang sudah ada sejak abad pertengahan.

Ada 3 buah gedung madrasah yang mana tempat ini memang selalu ramai dikunjungi wisatan. Bahkan tempat yang berada di Kota Samarkand ini juga menjadi salah satu desitnasi wisata favorit para wisatawan.

7. Fergana

Uzbekistan tidak hanya memiliki kemegahan bangunan-bangunan kuno saja melainkan juga keindahan alam yang mengagumkan. Salah satunya adalah Lembah Fergana. Di tempat ini anda akan disuguhi dengan pemandangan oasis yang menakjubkan.

Lembah ini dikenal sebagai pusatnya pertanian yaitu untuk menanam buah, sayur dan juga kapas. Lembah ini dikelilingi oleh pegunungan yang tentu saja menjadi pemandangan yang menyejukkan mata.

Related posts