Berapa Biaya Paket Umroh 2024? Ini Tips Memilih Agen Travel

biaya paket umroh 2024
biaya paket umroh 2024

Berkunjung ke tanah suci Makkah ada dua ibadah yang dapat dilakukan yaitu ibadah haji dan umroh. Melaksanakan umroh merupakan impian seluruh umat muslim. Ibadah umroh cenderung banyak peminatnya karena waktu pelaksanaanya lebih fleksibel dan tidak ada batasan kuota jemaah.

Ada baiknya sebelum melaksanakakan umroh lebih dulu mengetahui syarat, rukun dan keutamaannya. Tidak kalah pentingnya lagi adalah memahami pilihan agen travel agar tidak salah memilih.

Read More

Paket Umroh 2024 dan Pilihan Agen Travel

Calon jemaah sebelum memutuskan untuk berangkat perlu mengetahui estimasi biaya yang diperlukan dan menyesuaikan dengan fasilitas yang ditawarkan hingga waktu perjalanan. Tentunya besaran biaya umroh cukup beragam bergantung dari paket perjalan yang dipilih dan fasilitas yang ditawarkan oleh biro travel.

1. Umroh Reguler

Paket umroh reguler harganya mulai dari RP 25-30 Juta-an. Pilihan paket ini biasanya mendapatkan fasilitas standar, seperti akomodasi di hotel, tiket pesawat dan transportasi selama di Mekkah dan Madinah.

2. Umroh Plus

Paket umroh plus dilengkapi dengan peket kunjungan ke beberapa negara, seperti Dubai dan Turki. Paket plus memiliki jangka waktu perjalanan lebih lama dibanding paket reguler.

3. Umroh VIP

Berbeda dengan paket reguler dan paket plus. Paket umroh VIP harganya berkisar Rp 40 juta-an ke atas. Layanan dan fasilitas dari paket ini tentunya lebih eksklusif, seperti layanan pribadi tour leader (mutowif umroh).

Seperti yang telah dijelaskan diatas, kisaran harga peket umroh adalah Rp 25-40 juta-an. Penting untuk dicatat, harga tersebut sewaktu-waktu dapat berubah mengikuti peraturan dan kurs yang berlaku.

Cara Memilih Travel Umroh

1. Pastikan Travel Pilihan Sudah Berizin

Sebelum memutuskan, alangkah baiknya calon jemaah memastikan lebih dulu apakah travel tersebut sudah berizin dan terdaftar resmi di Kementerian Agama. Dalam hal ini, Penyelengara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) harus terdaftar dan memiliki izin dari Kemenag RI.

Untuk mengetahuinya, ada dua langkah cara mengecek legalitas biro travel. Pertama bisa mengecek melalui website resmi Kemenag RI. Kedua bisa datang langsung ke Kemenag untuk mengkonfirmasi legalitas biro travel tersebut.

2. Pastikan Jadwal Penerbangan

Calon jemaah juga harus memperhatikan jadwal keberangkatan yang pasti. Biro travel umroh biasanya sudah mengantongi kuota visa untuk setiap tanggal keberangkatan.

Dari kuota itu, pihak travel nantinya bisa memesan tiket pesawat Pulang pergi. Oleh sebabnya, jika PPIU mengeluarkan paket umrah tapi tidak bisa memberikan tanggal dan hari keberangkatan, kondisi travel seperti ini patut untuk dicurigai.

3. Paket Biaya Umroh Harus Wajar

Calon jemaah harus mematikan besaran biaya paket yang ditawarkan. Apakah biaya tersebut sesuai dengan fasilitas yang akan didapatkan selama perjalan.

4. Pastikan Penginapan atau Tempat Tinggal

Calon jemaah perlu mengetahui nama tempat tinggal, lokasi, dan jarak ke Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, dan juga perlu tahu apakah hotel yang didapatkan sudah sesuai dengan paket.

5. Terakhir Pastikan Visa Aman

Sangat disarankan bagi calon jemaah untuk konfirmasi ke PPIU perihal status visa yang akan didapatkan.

Dengan memahami informasi seputar biaya paket dan travel umroh, diharapkan calon jemaah dapat merencanakan perjalan ibadah umroh yang lebih baik dan susuai dengan budget.

Pilih Travel di Treetan! Sudah Pasti Berizin Resmi

Mencari biro perjalan umroh sekarang sangat mudah melalui website treetan. Calon jemaah dapat mengakses dan mengetahui informasi paket perjalan, biaya dan fasilitas secara langsung dari mana saja dan kapan saja.
Kehadiran treetan diharapkan bisa memberi kemudahan bagi umat muslim dalam merencanakan ibadah umroh tanpa harus takut dengan legalitas biro travel umroh yang akan dipilih.

Syarat Melaksanakan Umroh

Supaya ibadah yang anda jalani diterima, ketahui beberapa syarat ibadah umroh yang harus dilaksanakan:
1. Beragama Islam
2. Sudah dewasa atau baligh. Anak-anak masih tetap diperbolehkan namun tidak termasuk ke dalam syarat wajib.
3. Punya akal sehat.
4. Merdeka

Rukun Umroh

1. Melakukan Niat
Niat dan memakai ihram, Miqat terletak di Madinah dan juga tempat melakukan niat dan memakai ihram. Adapun yang harus dilakukan saat miqat adalah mandi, mamakai pakaian ihram, wudhu, dan sholat sunnah dua rakaat dan membaca niat untuk umroh.

2. Thawaf
Thawaf mengelilingi ka’bah dilakukan berlawanan dengan arah jarum jam sebanyak tujuh kali. Titik putaran dimulai dari Hajar Aswad dan berakhir di titik Hajar Aswad.

3. Sa’i
Berjalan kaki atau berlari-lari kecil dari Bukit Shafa ke Bukit Marwah sebanyak tujuh kali.

4. Tahallul atau Mencukur Rambut
Tahallul dilakukan sebagai penutup ibadah umroh. Jemaah laki-laki dapat mencukur gundul atau mencukur sebagian rambut kepala, sementara untuk jemaah perempuan dapat mencukur minimal 3 helai rambut. Tahallul sebagai tanda terbebas dari larangan selama ihram dan berakhirnya ibadah umroh.

5. Tertib
Yang terakhir harus dilakukan dengan tertib atau pelaksanaannya sesuai urutannya.

Related posts